Dalam Rangka penguatan kapasitas dan menjalin kerjasama untuk meningkatkan mutu Program Studi Pendidikan Biologi maka dibentuklah asosiasi Program Studi Pendidikan Biologi Indonesia (ASPBI). ASPBI mengadakan pertemuan Nasional yaitu menyusun bersama Capaian Pembelajaran atau learning outcome dan kerjasama untuk peningkatan mutu prodi dan juga mengadakan event rutin Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya Ke-3 yang diselenggarakan pada hari Sabtu – Minggu, tanggal 15-16 Oktober 2016, bertempat di Aula FMIPA (gedung O1) Universitas Negeri Malang. Untuk itu Program Studi Pendidikan Biologi menghadiri kegiatan tersebut dengan mengutus 2 dosen yaitu Dra. Hariyatmi, M.Si. dan Putri Agustina, M.Pd.

Kegiatan awal yaitu Seminar Nasional dilaksanakan pada pukul 07.30 – 13.00 WIB, bertempat di di Aula FMIPA (gedung O1) Universitas Negeri Malang. Kemudian dilanjutkan dengan Pembahasan AD/ART ASPBI dan Finalisasi CP pada pukul 14:00 – 20:00 di Ruang Rapat Jurusan Biologi (gedung 05-108) setelah itu dilanjutkan pada hari ke-2 dengan agenda Kerjasama dalam Tridharma PT yang dimulai pada pukul 07:30 – 12:00.

Kegiatan tersebut dihadiri 51 orang yang merupakan perwakilan dari 40 Program Studi/ Jurusan Pendidikan Biologi seluruh Indonesia. Peserta tersebut atas nama Program Studi/ Jurusan Pendidikan Biologi telah sepakat membentuk asosiasi dan bersedia menjadi anggota asosiasi. Hasil dari pembentukan Asosiasi Program Studi Pendidikan Biologi Indonesia, telah dibentuk sususnan organisasi sebagai berikut: Ketua: Dr. Hadi Suwono (UM); Ketua Wakil Ketua: Dr. Rahardjo, M.Si. (UNESA); Sekretaris: Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. (UM); dan Bendahara: Dr. Yuni Pantiwati, M.Pd. (UMM) dan beserta Tim Formatur dari 10 Program Studi Pendidikan Biologi.