Senin-Sabtu, 07 – 06 November 2016. Mahasiswa semester VII Pendidikan biologi FKIP UMS telah melaksanakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan), yang pelaksanaannya bersifat holistik atau komprehensif di lapangan dengan lokasi kunjungan yaitu, Jatim Park II, Eco Green Park, Taman Safari Bali, Mangrove Bali, Pulau Penyu, dan Kebun Raya Bedugul Bali. KKL merupakan salah satu matakuliah kurikulum di Prodi Pendidikan Biologi yang proses belajar mengajar (PBM)-nya dilaksanakan di laboratorium alam terbuka, selama 5–7 hari. Kegiatan tersebut menggunakan laboratorium alam yang memiliki beberapa persyaratan, misalnya kebun raya, pantai, kebun binatang, kebun pembibitan atau tempat-tempat konservasi alam dan Lembaga Penelitian (LIPI) yang memenuhi kompetensi dalam bidang biologi. Mahasiswa semester VII yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 179 mahasiswa yang di dampingi 9 Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS.

Mahasiswa berangkat dari kampus UMS pukul 20.00 WIB dan Tiba di lokasi pertama pada pukul 07:00 WIB yaitu Perjalanan ke Jatim Park II – Museum Satwa. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan aturan-aturan yang telah dibuat oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS sehingga kegiatan tersebut lancar dan aman.

Mahasiswa diberi kegiatan sebelum, saat dilapangan dan setelah dilapangan yaitu meliputi: Pembekalan materi selama di kampus, Pembekalan teknis pelaksanaan di lapangan, Observasi lapangan, Pelaksanaan selama di lapangan, Diskusi laporan, Seminar hasil observasi lapangan, Pembuatan laporan dan Penilaian.