Pabelan, 28 April 2018
Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian, oleh karena itu untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Pengabdian Masyarakat dan menjalankan misi dari program studi pendidikan biologi fkip ums, salah satunya yaitu: “Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta memberi arah perubahan IPTEKS yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan, dan pembimbingan tenaga pendidik Biologi”. Program studi pendidikan biologi fkip ums menyelenggarakan pengabdian masyaraat setiap tahunnya yaitu dalam bentuk pelatihan guru. Kegiatan ini dinamakan “Pelatihan Keterampilan Pembelajaran Guru IPA se-Jawa Tengah 2018” yang dilakasanakan selama kurang lebih dua hari yaitu pada hari Jumat – Sabtu, 27 – 28 April 2018 yang dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP UMS. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 125 guru se-Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan: memberikan pelatihan-pelatihan dasar biologi, evaluasi pembelajaran dan inovasi pembelajaran yang dibutuhkan dalam pengajaran di sekolah menengah.
Materi yang disampaikan dalam kegiatan pelatihan guru pada tahun ini yaitu: 1). Pelatihan Pembuatan Preparat Semi Permanen; 2). Pelatihan Pembuatan Indikator Asam Basa; 3). Pelatihan Pembuatan Yougurt; 4). Pelatihan Pembuatan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android; 5). Pelatihan PelatihanIdentifikasi Hewan; 6) Pelatihan Pelatihan Sectio Animalia; 7). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Tentang Protista; 8). Pelatihan Pendekatan Interaktif HOTS; dan 9). Pelatihan Pengembangan media belajar dengan Google Classroom.
Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 07:45 WIB sebagai pembukaan dilaksanakan di gd. Moh. Djazman UMS yang kemudian peserta pada pukul 08:00 memasuki ruangan sesuai dengan pembagian kelas materi pelatihan. Peserta melakukan pelatihan pada setiap materi dengan pematerinya adalah dosen kolaborasi mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung lancar dan sukses, bahkan peserta menginginkan kembali pelatihan-pelatihan tersebut di adakan kembali untuk waktu yang lebih lama pada setiap materinya. Karena bagi mereka kegiatan ini sangat bermanfaat sekali terutama untuk meninkatkan keterampilan guru dalam pengajaran. Kegiatan ini juga didukung kerjasama para alumni pendidikan biologi FKIP UMS yang ikut berpartispasi dalam memeriahkan Pelatihan Keterampilan Pembelajaran Guru IPA se-Jawa Tengah 2018. Sehingga kegiatan ini juga berjalan lancar dan sukses diluar target yang ingin dicapai.

 

Tags: