pictures

Archives

Categories

Laboratorium Biologi

Laboratorium Biologi merupakan sarana pendukung proses belajar mengajar, baik yang bersifat rutinitas maupun eksidental. Pada dasarnya laboratorium secara umum mempunyai 3 fungsi, yaitu

  1. Unit Fungsional : untuk penelitian dosen dan mahasiswa
  2. Unit Produksi     : untuk menghasilkan produk
  3. Unit Fasilitas       : untuk penunjang pengajaran.

Dari ketiga fungsi tersebut dapat disatukan bahwa laboratorium disebut dengan habitat para ilmuwan yang melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam rangka mendukung fungsi pengajaran, Lab. Pend. Biologi telah dapat  melaksanakan program pendidikan (praktek) saat ini melayani mahasiswa STIKES Aisyah. Mata praktikum yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Progdi Pend. Biologi dapat dilihat pada Tabel 1.

 Tabel 1. Mata Praktikum Program Studi Pendidikan Biologi

No

SEMESTER

MATA PRAKTIKUM

1

I

HISTOLOGI

2

ANATOMI TUMBUHAN

3

II

BIOKIMIA

4

III

EKOLOGI TUMBUHAN

5

SISTEMATIKA HEWAN INVERTEBRATA

6

ANATOMI HEWAN

7

IV

FISIOLOGI HEWAN

8

EKOLOGI HEWAN

9

FISIOLOGI TUMBUHAN

10

V

MIKROBIOLOGI

11

SISTEMATIKA HEWAN VERTEBRATA

12

SISTEMATIKA TUMBUHAN CRYPTOGAMAE

13

VI

ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA

14

SISTEMATIKA TUMBUHAN PHANEROGAMAE

15

GENETIKA

Sarana

Lab Biologi terletak di 2 tempat yang terpisah yaitu di lantai III gedung E (Lab I dan II, serta kantor) dan lantai I (selatan LSI). Fasilitas fisik Lab Biologi terdiri dari :

  1. Laboratorium Umum, yaitu Lab I dan Lab II masing-masing dengan kapasitas 40 mahasiswa, Lab III dengan kapasitas 20 mahasiswa.
  2. Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman; luas 60 m2 dengan kapasitas 10 mahasiswa. Lab KJT digunakan untuk kuliah dan praktikum mata kuliah pilihan pada semester gasal.
  3. Laboratorium Mikroteknik; kapasitas 20 mahasiswa digunakan untuk praktikum mikroteknik hewan dan tumbuhan (Mata kuliah pilihan). Di lab mikroteknik ini mahasiswa diajarkan membuat preparat mikroskopis semipermanen dan permanen baik jaringan hewan maupun tumbuhan.
  4. Kandang Hewan; digunakan untuk memelihara hewan percobaan baik untuk praktikum maupun penelitian. Pemeliharaan hewan ini merupakan tindak lanjut dari penangkaran hewan uji (Mata Kuliah Pilihan).
  5. Green House; luas 110 m2 dengan kapasitas 10 mahasiswa. Tempat ini digunakan untuk praktikum Budidaya tanaman, pertamanan (Mata kuliah pilihan), Ekologi Tumbuhan dan Fisiologi Tumbuhan.
  6. Laboratorium Fotomikrografi dan optilab, melayani pemotretan preparat mikroskopis baik mahasiswa Progdi Pend. Biologi sendiri maupun umum.
  7. Mushola; disediakan untuk sholat bagi mahasiswa dan dosen

Selain sarana fisik yang memadai, Lab Biologi juga memiliki peralatan yang cukup layak, artinya alat-alat telah dapat mendukung kegiatan praktikum serta penelitian sesuai dengan fungsi dan tujuan seperti : mikroskop binokuler (Olympus), OHP, LCD, oven inkubator, kamera mikroskop, optilab, TV, autoklaf, hotplate magnetic stirrer, Laminar Air Flow, alat destilasi alkohol, timbangan analitik, spektrofotometer, mikropipet, kamera foto, luxmeter, sphymomanometer, mikrotom, seperangkat alat bedah hewan percobaan, model manusia dan charta, herbarium, insektarium, preparat mikroskopis, dan lain-lain.

Leave a Reply

Pengunjung

http://smartdegrees.com

Kalender

September 2014
M T W T F S S
« Aug    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

chatting