Dosen Pend. Biologi Simulasikan Pembuatan dan Penggunaan Media Belajar Biologi ke MGMP IPA MTS Kab. Boyolali

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang penting bagi Dosen. Pada hari Sabtu (13/05) dosen Pend.Biologi melakukan pengabdian masayarakat berupa simulasi pembuatan dan penggunaan media belajar biologi ke Guru Madrasah Tsanawiyah di Boyolali. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara MGMP IPA MTs se Kab.Boyolali dengan Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS.

Prodi Pend. Biologi melalui Mata Kuliah Inovasi Media Pembelajaran Biologi banyak menghasilkan produk berupa media belajar yang layak digunakan dalam menunjang pembelajaran biologi. Selain itu, mayoritas guru di MTs di Boyolali perlu memperbarui dan inovasi media belajar yang mereka gunakan selama ini. Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan untuk mengakomodasi dua peluang tersebut sehingga bisa saling memberi manfaat.

Kegiatan berlangsung di MTS N 1 Boyolali dan diikuti oleh sekitar 25 guru dari berbagai MTS di Boyolali. Lima dosen sebagai pemateri mensimulasikan lebih dari 10 media pembelajaran biologi dengan berbagai materi seperti biologi lingkungan, botani, genetika, sistem pencernaan dan sebagainya. Peserta simulasi merasa sangat senang dan terbantu sekali atas terlaksanannya kegiatan ini serta merasa termotivasi untuk menggunakan media yang baik dalam pembelajaran Biologi di MTS. “Semoga kegiatan seperti ini bisa terlaksana secara rutin dan kerjasama ini terus berlangsung” Pendapat Pak Rais sebagai ketua MPMG.