Sistem penjaminan mutu di Prodi Pend. Biologi mengikuti Standar Penjaminan Mutu UMS. Penjaminan mutu Prodi dilaksanakan secara terstruktur dan periodik yang dikoordinasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) UMS. Universitas Muhammadiyah Surakarta telah memiliki lembaga untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang disebut LJM. Pembangunan, pelaksanaan, dan pengembangan sistem SPMI di UMS dilakukan oleh LJM di tingkat Universitas. LJM memiliki Gugus Penjaminan Mutu (GJM) ditingkat Fakultas dan ditingkat Program Studi yang memiliki tugas untuk membantu LJM dalam memonitor dan melakukan pendampingan terhadap Fakultas/Program Studi dalam meningkatkan kualitas akademik. Menurut Manual Mutu UMS MM-UMS2009, pelaksanaan SPM di UMS menggunakan model PDCA (Plan, Do, Check, Action).

 

SIKLUS PENJAMINAN MUTU UMS

Pelaksanaan penjaminan mutu di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMS mengikuti aturan yang telah ditetapkan pada Standar Mutu dan Prosedur Mutu UMS. Standar Mutu UMS terdiri atas 24 standar mutu yang mengadopsi aturan Permendikbud Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan 2 standar mutu tambahan UMS yaitu Standar Mutu Kerjasama dan Standar Mutu Pengelolaan Pusat Studi. Seluruh standar tersebut didokumentasikan menjadi 12 dokumen yaitu:

  1. Standar Mutu Kompetensi Lulusan (SM-UMS-01)
  2. Standar Mutu Isi Pembelajaran (SM-UMS-02)
  3. Standar Mutu Proses Pembelajaran (SM-UMS-03)
  4. Standar Mutu Penilaian Pembelajaran (SM-UMS-04)
  5. Standar Mutu Dosen dan Tenaga Kependidikan (SM-UMS-05)
  6. Standar Mutu Sarana dan Prasarana Pembelajaran (SM-UMS-06)
  7. Standar Mutu Pengelolaan Pembelajaran (SM-UMS-07)
  8. Standar Mutu Pembiayaan Pembelajaran (SM-UMS-08)
  9. Standar Mutu Penelitian (SM-UMS-09)
  10. Standar Mutu Pengabdian Masyarakat (SM-UMS-10)
  11. Standar Mutu Kerjasama (SM-UMS-11)
  12. Standar Mutu Pengelolaan Pusat Studi (SM-UMS-12)

Prosedur Mutu UMS mengacu pada Standar Mutu UMS yang terdiri dari 7 Prosedur Mutu Sistem dan 10 Prosedur Mutu Aktivitas Utama sebagai berikut:

  1. PM-UMS-01 : Prosedur Mutu Sistem Pengendalian Dokumen dan Data
  2. PM-UMS-02 : Prosedur Mutu Tinjauan Manajemen
  3. PM-UMS-03 : Prosedur Mutu Sistem Pengendalian Catatan Mutu
  4. PM-UMS-04 : Prosedur Mutu Sistem Ketidaksesuaian, Tindakan, Perbaikan, dan Pencegahan
  5. PM-UMS-05 : Prosedur Mutu Sistem Monitoring, Pengukuran, dan Evaluasi Diri
  6. PM-UMS-06 : Prosedur Mutu Sistem Audit Mutu Internal
  7. PM-UMS-07 : Prosedur Mutu Sistem Kepuasan Stakeholders
  8. PM-UMS-08 : Prosedur Mutu Desain Akademik
  9. PM-UMS-09 : Prosedur Mutu Proses Pembelajaran
  10. PM-UMS-10 : Prosedur Mutu Registrasi, Cuti, Undur Diri, Putus Kuliah dan Pindah Kuliah
  11. PM-UMS-11 : Prosedur Mutu Kelulusan, Wisuda, dan Alumni
  12. PM-UMS-12 : Prosedur Mutu Rekrutmen, Karir, Studi Lanjut, dan Kesejahteraan Dosen dan Tenaga Kependidikan
  13. PM-UMS-13 : Prosedur Mutu Pengadaan, Penggunaan, dan Pemeliharaan Aset
  14. PM-UMS-14 : Prosedur Mutu Promosi dan Kerjasama
  15. PM-UMS-15 : Prosedur Mutu Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  16. PM-UMS-16 : Prosedur Mutu Kegiatan Kemahasiswaan
  17. PM-UMS-17 : Prosedur Mutu Pengembangan Sistem Informasi