Visi dan Misi


VISI
Menjadi pusat pendidikan tenaga kependidikan Biologi yang profesional, berjiwa wirausaha, dan mampu memberi arah perubahan IPTEK yang islami

MISI

  1. Membentuk Sarjana Pendidikan Biologi sekolah menengah yang profesional, mampu  menerapkan  ilmu  pengetahuan di bidang kependidikan biologi sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  2. Membentuk Sarjana Pendidikan Biologi sekolah menengah yang unggul, mampu mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kependidikan biologi berdasarkan nilai-nilai keislaman.
  3. Membentuk Sarjana Pendidikan Biologi sekolah menengah yang  kreatif dan inovatif yang  mampu bekerjasama  dengan stakeholder (sekolah menengah, perguruan tinggi, lembaga pemerintah, dan lembaga swasta).

Sesuai visi dan misinya, Program Studi Pendidikan Biologi bertujuan menghasilkan sarjana pendidikan biologi sekolah menengah yang diharapkan mempunyai profil dan kompetensi atau kualifikasi sebagai berikut:

  1. Mempunyai kompetensi sebagai pendidik sesuai bidang studi.
  2. Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu kependidikan biologi sesuai perkembangan IPTEK berdasarkan nilai-nilai keislaman.
  3. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan pengetahuan kewirausahan di bidang biologi dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Dapat bekerjasama dengan stakeholder (sekolah menengah, lembaga pemerintah dan lembaga swasta) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk mencapai tujuan di atas, Program Studi Pendidikan Biologi membekali mahasiswanya dengan mata kuliah kelompok kompetensi utama (MKU) dan mata kuliah pilihan (MKP) untuk pengembangan. Untuk MKP sifatnya pilihan wajib artinya mahasiswa memilih satu atau lebih dari pilihan yang tersedia. Dengan demikian di harapkan lulusan Program Studi Pendidikan Biologi akan mepunyai nilai tambah dan ciri khas, dan dapat digunakan sebagai life skill di masyarakat.

SLOGAN PENDIDIKAN BIOLOGI:

Membentuk Sarjana Pendidikan Biologi yang UTAMA

(Unggul, Terampil, Aktif-Kreatif, Mandiri dan Amanah)