Surakarta, 5 Mei 2019
Isu-isu kontemporer di bidang sains, lingkungan, dan inovasi pembelajaran penting diketahui oleh para pendidik (guru dan dosen) maupun peneliti dan pemerhati bidang tersebut untuk dapat menyesuaikan dan selalu meng-upgrade pengetahuan yang dimilikinya. Harapannya, dengan mengikuti perkembangan isu terkini di bidangnya, dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan di Indonesia.
Berdasarkan latar belakang tersebut, program studi Pendidikan Biologi FKIP UMS dalam merespon perkembangan sains, lingkungan, dan inovasi pembelajaran yang sangat pesat mengagendakan Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek (SNPBS) ke-IV 2019 sebagai wujud kepedulian dan komitmen dalam mendukung peningkatan kualitas penelitian dan pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini adalah kegiatan ketiga setelah SNPBS pertama, kedua, dan ketiga sukses dilaksanakan pada tahun 2016, 2017, dan 2018. Tema dari kegiatan seminar ini yaitu “Isu-Isu Strategis Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya” . dengan tujuan: 1). Sebagai wadah diseminasi hasil penelitian di bidang sains, lingkungan, dan inovasi pembelajarannya. 2). Sebagai sarana komunikasi antar peneliti, pendidik, dan pemerhati bidang sains, lingkungan, dan inovasi pembelajarannya. 3).Sebagai salah satu upaya meng-upgrade pengetahuan tentang perkembangan sains, lingkungan, dan inovasi pembelajarannya saat ini.
Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 27 April 2019 mulai pada pukul 08.00 WIB – selesai, bertempat di Auditorium Moh. Djazman (Kampus I Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura Surakarta). Dengan sasaran peserta yaitu Dosen, guru, mahasiswa, peneliti dan pemerhati di bidang sains, lingkungan, dan pembelajarannya.
Bidang kajian pada kegiatan ini adalah:
1). Sains
- Biologi dan terapannya meliputi: Botani, Zoologi, Mikrobiologi, Anatomi dan Fisiologi, Genetika, Biologi Molekuler, dan Bioteknologi serta Biologi Terapan
- Fisika dan terapannya
- Kimia dan terapannya
2). Lingkungan
- Ekologi
- Konservasi
- Mikrobiologi Lingkungan
- Keanekaragaman Hayati
- Ekotourism
3). Inovasi Pembelajaran
- Strategi Pembelajaran
- Media Pembelajaran
- Assessmen dan Evaluasi
- Penelitian Pendidikan (PTK, Eksperimen, Deskriptif, Pengembangan)
- Teknologi Pembelajaran
Kegitan ini diisi oleh 3 pemteri yaitu 1). Dr. Didik Widyatmoko, M.Sc., dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai Kepala UPT Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor), dengan materi: Perkembangan Keanekaragaman Hayati Indonesia dan Dunia serta Peran Kebun Raya dalam Menumbuhkan Kesadaran Menjaga Keanekaragaman Hayati. 2). Prof. Dr. phil. Ari Widodo, M.Ed, dari Fakultas Pendidikan MIPA UPI sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FPMIPA UPI, dengan materi: Trend Penelitian dan Pendidikan Sains Di Era Revolusi 4.0. dan 3). Dr. Slamet Suyanto, M.Pd., dari FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Pakar Kurikulum Instruksional, dengan materi: Pengembangan Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.
Allhamdulillah kegiata tersebut berjalan lancar dan sukses setelah seminar utama maka dilanjutkan sesi sidang paralel yang dilakukan di ruang kelas FKIP dengan dipimpin oleh Moderator dan notulen sebagai pencatat saat sesi sidang paralel berlangsung. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13:00 – 15:00 WIB. Para peserta diminta untuk mempresentasikan sesuai nomor urut peserta dengan durasi waktu presentasi ±10-15 menit per pemakalah. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Pada kegiatan sesi paralel disini peserta tidak hanya dari pemakalah saja akan tetapi Panitia SNPBS mengizinkan para peserta mahasiswa Prodi Pendidikn Biologi FKIP UMS yang bukan sebagai pemakalah mengikuti sesi paralel (sebagai penyimak) hal ini sebagai bentuk pembelajaran bagi para mahasiswa prodi. Pendidikan Biologi untuk melihat secara langsung bagaimana pengalaman mereka melihat saat peserta pemakalah melakukan presentasi oral di kegiatan seminar nasional.