Pabelan, 15 Maret 2018
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan dUniversitas Muhammadiyah Surakrta bersama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (BIOLOTUS) mengadakan diskusi ilmiah mahasiswa dalam bentuk Dialog Program Studi (DIGPRO) pada hari Kamis, Tanggal 15 Maret 2018 bertempat di Auditorium Moh. Djazman Kampus 1 UMS. Kegiatan ni bertemakan: “Salurkan Aspirasi Guna Mewujudkan Pendidikan Biologi yang Bersinergi dan Berprestasi Bersama Dialog Program Studi 2018”. Kegiatan dimulai pukul 13:00 – 15:30 WIB, dengan dihadiri 54 peserta yang terdiri dari 14 dosen pendidikan Biologi FKIP UMS dan 40 peserta dari mahasiswa semester II, IV, VI dan VIII.
Kegiatan ini bertujuan 1. Meningkatkan komunikasi antara mahasiswa dengan elemen-elemen yang ada di Program Studi Pendidikan Biologi; 2. Mempererat dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah antara pihak Program Studi dengan Mahasiswa; 3. Menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi mahasiswa yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar mahasiswa dalam perkuliahan; dan 4. Meningkatkan prestas dan kreativitas mahasiswa.
Kegiatan ini berjalan sangat lancar yang di awali dengan sambtan-sambutan ketua panitia, ketua HMP Biologi, dan Ketua Program Studi yaitu Dra. Suparti, M.Si. Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyampaian hasil angket yang dilakukan oleh HMP Biologi terhadap mahasiswa semseter II, IV, VI dan VIII. Komponen angket yang di bahas meliputi: Fasilitas, Magang, Beasiswa, Sstem Paket Semester II, Akademik, Bakat, Program Kreativitas Mahasiswa, Peran Pembimbing Akademik, Mengisi Evaluasi Proses Pembelajaran, Peran Dosen dan Materi Kuliah. Kegiatan diskusi ilmiah ini bersifat mengalir jadi setelah pemaparan hasil angket dilanjutkan Tanya-Jawab antara mahasiswa dan pimpinan serta dosen menyikapi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pokok bahasan terkait Prodi. Pendidikan Biologi FKIP UMS.
Kegiatan ini berjalan lancar dan sukses dan juga kegiatan ini sangat pengaruh positif bagi mahasiswa dan pimpinan prodi. Pendidikan Biologi FKIP UMS, karena dengan adanya diskusi ilmiah mahasiswa ini terbentuk adanya komunikasi yang semakin erat serta timbulnya transparansi antara mahasiswa dan dosen serta terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul pada mahasiswa sehingga semua menjadi jelas, gamblang sehingga meningkatkan dan mempererat hubungan mahasiswa dan dosen atau mahasiswa dengan pimpinan prodi. Pendidikan biologi FKIP UMS.