Pabelan, 11 Juni 2018
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 39 ayat 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidik adalah tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik di perguruan tinggi. Dengan demikian, salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik adalah kemampuan mengadakan evaluasi, baik dalam proses pembelajaran maupun penilaian hasil belajar. Kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang mesti dikuasai oleh seorang pendidik maupun calon pendidik sebagai salah satu kompetensi profesionalnya. Evaluasi pembelajaran merupakan satu kompetensi profesional seorang pendidik. Kompetensi tersebut sejalan dengan instrumen penilaian kemampuan guru, yang salah satu indikatornya adalah melakukan evaluasi pembelajaran.
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta menyelenggrakan Workshop pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran bagi dosen Prodi P. Biologi FKIP UMS pada tanggal 11 Juni 2018 di Ruang Sidang CAKAP 1 FKIP kampus 1 UMS, pada pukul 08:00 – Selesai WIB. Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan pada dosen/ tenaga pendidik di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS untuk mengembangkan instrument evaluasi pembelajaran. Sehingga harapannya kemampuan pendidik di Prodi Pendidikan Biologi meningkat dan berkualitas untuk mengukur tingat kemampuan Peserta Tes. Kegiatan ini di ikuti 20 dosen prodi. Pendidikan Biologi FKIP UMS.
Pemateri kegiatan ini yaitu ibu Murni Ramli, S.Si, M.Si, Ed.D yang berasal dari Prodi P. Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret. Pada workshop ini akan di bahas 3 materi pokok bahsan yaitu pada materi pertama di bahas tentang “Assesmen di Perguruan Tinggi”, pada materi ini membahas tentang peran dan fungsi evalusi pembelajaran, bagaimana mengembangkan asessmn di PT dan Apa saja yang akan dinilai. Kedua membahas tentang bagaimana “Menyusun Instrumen Assessmen”, pada materi ini ibu Ramli menjelaskan tentang langkah-langkah menyusun instrumen assesmen yaitu mulai dari Menetapkan Kompetensi/ Intended Learning, Menyusun rubrik, Menyusun Item Soal, Menetapkan skoring dan grading, Menganalisis Instrumen. Ketiga, membahas tentang bagaimana “Mengukur HOTS”, pada materi ini menjelaskan bagaimana mengukur HOTS dengan Critical Thinking dan Argumentasi dengan cara HOTS harus menjadi daily process dalam perkuliahan, sehingga dengan dosen mengajak/ membiasakan mahasiswa untuk berfikir kritis dan mengungkapkan pendapatnya dalam perkuliahan sehingga memberika pemahaman terhadap mahaisiswa tentang materi yang dipelajari. Dengan kegiatan ini Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS berharap para dosen dapat menerapkan hasil workshop ini ke para mahasiswa untuk kedepannya sehingga mahasiswa pendidikan biologi menjadi calon guru yang profesional dan berkarakter yang UTAMA (Unggul, Terampil, Aktif-Kreatif, Mandiri dan Amanah).
[wzslider autoplay=”true”]